Mobil Wagon dan Rumah Kedua

Agaknya tidak umum untuk mempunyai wagon (mobil karavan) di Indonesia. Apalagi sistem kependudukan di Indonesia pada umumnya seperti tidak memungkinkan untuk menjadikan mobil sebagai rumah (dengan sifat berpindah-pindahnya) yang bisa menyulitkan pemantauan kepada pemilik rumah. Karena sistem administrasi yang umum berlaku di Indonesia adalah hingga ke tingkat searea yang terdiri dari beberapa (puluhan) kepala keluarga yakni RT (Rukun Tetangga). Mungkin Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya hanya pernah menemukan rumah dengan bentuk unik yang menyerupai mobil atau kontainer dari sebuah truk, tetapi bukan rumah yang mobile, setidaknya mereka yang mempunyai KTP.

Caravan yang biasa ditarik oleh mobil, biasa digunakan untuk berkemah
tapi ada yang menggunakannya sebagai rumah tinggal. sumber: commons.wikimedia.org/Andy F

Rental Mobil di Surabaya menemukan satu tautan yang menarik tentang model yang lumayan baru dari 'rumah caravan' ini: http://www.kaskus.co.id/thread/5191ebbb5b2acf2452000007/keren-gan-mobil-van-yang-bisa-berubah-jadi-rumah/. Dalam laman forum tersebut diperlihatkan beberapa tampilan foto mobil van yang menarik dan kemungkinan cocok untuk rumah tinggal. Namun kita tahu juga bahwa bagi kebanyakan orang, kebutuhan yang utama adalah rumah tinggal yang menetap. Di beberapa referensi artikel, beberapa orang dewasa mengkhawatirkan mental si anak jika sering berpindah. Banyak orang dewasa yang berpindah-pindah kota kediaman hingga akhirnya memutuskan untuk tinggal di suatu tempat hingga si anak dewasa dan mandiri (karena penyesuaian diri dari perilaku nomaden agaknya sulit bagi banyak anak). Tapi di Indonesia, ada yang tugas pekerjaannya mengharuskan untuk berpindah tempat; semacam mutasi pada dinas kepolisian, guru (PNS) dan lain sebagainya.

Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya juga menemukan fakta lain dimana standar hidup di Indonesia memang tidak tinggi seperti di negara-negara asing yang warganya menerapkan perilaku tersebut. Jangankan sebuah mobil yang multifungsi seperti itu, rumah saja belum punya ^_^ Sebuah rumah tinggal memang termasuk menempati level pertama dalam kebutuhan selain makanan dan baju; Sewa Mobil di Surabaya Barat sebagai bagian dari warga Indonesia biasa membaca atau mendengar bahwa kebutuhan primer kita terdiri atas Sandang, Pangan dan Papan. Dan mobil ini tergolong kebutuhan 'mewah' yang tak setiap orang memilikinya. Bahkan Sewa Mobil Pregio di Surabaya melihat bahwa orang akhirnya memilih sepeda motor dibanding mobil karena harganya yang tinggi. Bahkan ada yang hingga memodidikasi sepeda motornya supaya bisa dibuat beratap seperti mobil.

mobil caravan keluaran Volkswagen (Doubleback T5). sumber: http://www.dailymail.co.uk/news/article-2322023/Just-vantastic-Head-turning-campervan-opens-reveal-secret-compartment-flick-switch.html

Namun memang kita tidak bisa memukul rata bahwa 'kebutuhan tinggal' penduduk Indonesia ini selalu menyukai yang 'menetap'. Karena di beberapa daerah, Rental Mobil Innova di Surabaya juga menemukan beberapa referensi soal rumah terapung atau rumah perahu, salah satunya ditunjukkan oleh laman berikut: http://www.antarasulsel.com/foto/5186/rumah-terapung. Rumah terapung atau rumah perahu ini seperti kapal yang digunakan oleh banyak warga asing juga, tetapi dalam skala yang lebih sederhana. Tetapi biasanya mereka yang punya tempat tinggal terapung begini bertempat di danau atau sungai ketimbang di laut seperti warga asing tadi. Karena banyak orang yang ternyata masih memperhatikan poin keselamatan orang-orang sekitarnya atau keluarganya.

Secara geografis, wilayah Indonesia tidak dihampiri angin topan atau cuaca yang sangat ekstrem meski gempa bumi juga tak jarang terjadi di Indonesia karena negara kita memang termasuk daerah 'cincin api' yang ditandai oleh sebaran gunung berapi aktif atau termasuk dalam lempeng bumi yang selalu bergerak.
Jadi kecil kemungkinannya bagi sopir Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya menjumpai mobil jenis ini melaju di jalanan. Meski begitu jangan dikira bertemu dengan beberapa tipe mobil lain tidak lebih merepotkan juga; karena secara postur, ada banyak jenis mobil lain yang mempunyai bodi dan panjang yang cukup untuk membatasi pandangan dan mengharuskan kewaspadaan lebih tinggi. Produsen yang menawarkan mobil ini di Indonesia pun mempersyaratkan hal khusus diluar pajak dan servis rutin atau tune-up, yakni uji KIR (yang biasanya diterapkan pada mobil angkutan) dan beberapa poin lainnya. Seperti yang dicantumkan pada referensi Sewa Mobil di Surabaya berikut: http://otomotif.tempo.co/read/news/2014/09/24/123609277/ini-syarat-untuk-peminat-daihatsu-gran-max-caravan. Jenis mobil karavan yang ditawarkan tersebut memang tidak dimaksudkan sebagai rumah tinggal keliling, tetapi hanya untuk mereka yang ingin traveling sambil membawa banyak perlengkapan saat melakukan traveling tersebut. Mereka pun pastinya sudah mempunyai 'rumah menetap' dan merupakan kaum 'berada'.

Berbicara tentang 'rumah berjalan', Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya menemukan satu konsep mobil yang bisa digunakan sebagai 'rumah sementara'; meski hanya sekadar konsep tapi kemungkinannya bisa juga terealisasi, karena kemajuan teknologi saat ini mendukung untuk itu:


Agaknya jenis ini mungkin bisa digunakan sebagai tampungan sementara para korban evakuasi gunung meletus, korban banjir, sekolahan dan lain-lain. Meski mungkin akan timbul beragam manfaat yang diambil jika konsep kendaraan tersebut direalisasikan. Tapi, melihat faktor kenyamanan dan keselamatan jalan umumnya: sifat bongkar pasang yang ada di berbagai kendaraan model ini hendaknya menjadi perhatian dan menjadi poin khusus dalam perawatannya selain pada bagian gerak mekanis mobil tersebut agar tidak merepotkan pengguna jalan lain kemudian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar